ASI untuk si kembar

Memiliki bayi kembar merupakan anugerah tersendiri dari Tuhan yang patut kita syukuri. Memberi buah hati kita ASI exclusif adalah pilihan terbaik. Namun tentu saja ada kiat tersendiri untuk menyusui dua  bayi sekaligus. Berikut ini beberapa tehnik menyusui bayi kembar secara berbarengan:

1. Persiapan

Sediakan dua buah bantal sebagai alas sekaligus penahan tubuh si kembar. Kemudian, minta bantuan sumi atau baby sitter untuk mendekap salah satu dari si kembar agarlebih aman dan nyaman.

2. Posisi Football Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan sementara tubuh dan kakinya berada di bawah ketiak kanananda. Sedangkan bayi B pada payudar yang satunya dengan tubuh dan kakai mengarah ke bawah ketiak kiri anda. Dekaplah mereka berdua dengan tangan kanan memegang i kepala bayi A dan tangan kiri anda menahan bantal  yang menjadi alas kepala serta tubuh bayi B

3. Posisi Combination Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan dengan posisi kaki dan tubuhnya mengarah ke kanan. Sedangkan bayi B pada payudara kiri dengan tubuh dan kakinya mengarah ke sebelah kanan puloa. Dekaplah bayi A dengan tangan kanan sementara tangan kiri anda menahan kepala bayi B hingga bokongnya dengan bantuan bantal di belakang siku kiri anda.

4. Posisi Cradle Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan dengan posisi tubuh dan kakinya mengarah ke kiri . Sedangkan bayi B menyusu pada payudara sebelah kiri dengan tubuh dan kakinya mengarah ke kanan . Biarkan tubuh bayi A diatas bayi B asalkan tidak terlalu ketat.

Berikan payudara secara bergantian setiap kali anda menyusui. Hal ini penting agar tidak terjadi payudara favorit bayi si kembar dan mencegah tidak simetrisnya payudara karena mungkin saja salah satu bayi lebih kuat isapannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: