Bahasa Bayi

Mengenal bahasa bayi…. Sep 7, ’07 10:57 AM
for everyone

Pada hari Rabu [01/08/2007] kemarin, aku nonton acara talk show Oprah Winfrey -salah satu acara favoriteku- yang ditayangkan oleh Metro TV jam 10.00 WIB pagi. Nah, pada edisi kemarin itu ada seorang perempuan [lupa namanya nih] yang mempunyai kemampuan khusus. Kemampuannya adalah bisa menghafal dan merekam tiap suara yang muncul ke dalam ingatannya. Jadi diceritakan kalau ke sekolah, dia tidak perlu buku utk mencatat apa yg dijelaskan oleh sang guru. Cukup mendengar dan menyimpan dalam memory otaknya.

Nah, kemampuan ini dia kembangkan untuk mengenal bahasa bayi. Yah mungkin bayi yang masih berusia di bawah 2 atau 3 tahun. Kenapa dia melakukan penelitian ini? Karena dia yakin bahwa bayi jika ada maunya pasti berbicara kepada sang ibu. Hanya masalahnya, kadang-kadang ibu ataupun orang tua tidak mengerti apa kehendak dari sang bayi tersebut. Ujung-ujungnya yg ada adalah bayi menangis atau histeris sekuat-kuatnya karena keinginannya tidak dipenuhi. Nah, setelah melakukan penelitian yg lumayan lama bahkan sampai ke luar negeri [maksudnya ke luar Amerika], akhirnya perempuan tersebut mendapatkan lima kata yang paling sering digunakan oleh bayi. Oh iya, bahasa bayi ini sifatnya universal. Jadi bayi dari negara manapun selalu memakai kata ini. Baik itu bayi dari Indonesia, Jepang, Afrika Selatan, dll. Lima buah kata yang sering dipakai para bayi untuk berbicara yaitu:

01) NEH = LAPAR
Cara mengucapkannya sama seperti tulisannya. Cuman sedikit ditekan pada huruf “N”. Jika bayi mengucapkan kata NEH ini sambil rewel, itu artinya dia sedang lapar. Kalo lapar ya cepat-cepat dikasih makan lah. Buat bayi yang belum bisa makan, mungkin bisa dikasih ASI. ASI khan juga termasuk makanan bayi tuh. Hehehe….

02) OWH = NGANTUK
Biasanya bayi akan berkata OWH sambil menguap. Kalo sudah begini ya taro aja di tempat tidur bayi. Biarkan dia tidur dengan pulasnya. Bayi tidur, orang tua-pun bisa “tidur” pula. Wakakaka….

03) HEH = PERASAAN GAK NYAMAN
Nah, jika bayi ngomong HEH itu artinya dalam saat itu juga bayi merasa gak nyaman [uncomfortable]. Kalo sudah begini perlu dicek dulu tuh. Apakah sedang sakit, sedang bosan, atau bisa juga karena popoknya yang perlu diganti. Bayi aja bisa merasa risih, apalagi yang sudah dewasa. Jika sedang bosan, mungkin bisa dipasangkan dot ke mulutnya. Atau ajak untuk bersenda-gurau. Memang susah untuk membedakan antara kata NEH dan HEH. Tapi jika jeli, sang ibu psti tahu kok dimana perbedaan-nya.

04) EIR = MAU BUANG GAS
Yup, buang gas alias buang angin alias kentut. Yang namanya kentut khan juga bagian dari pencernaan. So wajar aja lah jika bayi juga bisa kentut. Biasanya bayi ngomong kata EIR ini dengan gaya sedikit ngenden.

05) EH = SENDAWA
Nah, EH digunakan bayi ketika hendak ingin bersendawa [mengeluarkan angin lewat mulut]. Biasanya kalo kita habis makan dan minum pasti selalu sendawa. Nah, bayi juga sebelum sendawa pasti rewel sambil ngomong EH. Kalo sudah gini sih, tuh bayi dipangku ke bahu dan buat menghadap belakang. Nah punggung sang bayi kita tepuk pelan-pelan biar bayi bisa bersendawa. Jika sudah bersendawa, nanti bayi akan tenang dengan sendirinya kok. Awas jangan sampai salah tanggap ya antara bunyi NEH, HEH dan EH.

Gimana? Benar-benar sangat membantu khan? Terlebih buat ibu yang umur bayinya baru 2 bulan. Tahu aja khan umur 2 bulan adalah dimana bayi sering rewel, sering menangis gak karu-karuan bahkan sampaio histeris. Mungkin petunjuk di atas bisa membantu.

Hmmm, kebetulan ada keluargaku yang anaknya masih bayi. Bisa aku praktek’in nih. Hohoho…. Asal tuh bayi jangan ngomong PAPA aja pas aku gendong. Bisa berabe entar. Wakakaka….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: