Matahari

Mengamati gerhana matahari

Gerhana matahari tahun 1999 di Perancis

Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Leave a comment »

My baby

img_0003

img_0004

Leave a comment »

Bahasa Bayi

Mengenal bahasa bayi…. Sep 7, ’07 10:57 AM
for everyone

Pada hari Rabu [01/08/2007] kemarin, aku nonton acara talk show Oprah Winfrey -salah satu acara favoriteku- yang ditayangkan oleh Metro TV jam 10.00 WIB pagi. Nah, pada edisi kemarin itu ada seorang perempuan [lupa namanya nih] yang mempunyai kemampuan khusus. Kemampuannya adalah bisa menghafal dan merekam tiap suara yang muncul ke dalam ingatannya. Jadi diceritakan kalau ke sekolah, dia tidak perlu buku utk mencatat apa yg dijelaskan oleh sang guru. Cukup mendengar dan menyimpan dalam memory otaknya.

Nah, kemampuan ini dia kembangkan untuk mengenal bahasa bayi. Yah mungkin bayi yang masih berusia di bawah 2 atau 3 tahun. Kenapa dia melakukan penelitian ini? Karena dia yakin bahwa bayi jika ada maunya pasti berbicara kepada sang ibu. Hanya masalahnya, kadang-kadang ibu ataupun orang tua tidak mengerti apa kehendak dari sang bayi tersebut. Ujung-ujungnya yg ada adalah bayi menangis atau histeris sekuat-kuatnya karena keinginannya tidak dipenuhi. Nah, setelah melakukan penelitian yg lumayan lama bahkan sampai ke luar negeri [maksudnya ke luar Amerika], akhirnya perempuan tersebut mendapatkan lima kata yang paling sering digunakan oleh bayi. Oh iya, bahasa bayi ini sifatnya universal. Jadi bayi dari negara manapun selalu memakai kata ini. Baik itu bayi dari Indonesia, Jepang, Afrika Selatan, dll. Lima buah kata yang sering dipakai para bayi untuk berbicara yaitu:

01) NEH = LAPAR
Cara mengucapkannya sama seperti tulisannya. Cuman sedikit ditekan pada huruf “N”. Jika bayi mengucapkan kata NEH ini sambil rewel, itu artinya dia sedang lapar. Kalo lapar ya cepat-cepat dikasih makan lah. Buat bayi yang belum bisa makan, mungkin bisa dikasih ASI. ASI khan juga termasuk makanan bayi tuh. Hehehe….

02) OWH = NGANTUK
Biasanya bayi akan berkata OWH sambil menguap. Kalo sudah begini ya taro aja di tempat tidur bayi. Biarkan dia tidur dengan pulasnya. Bayi tidur, orang tua-pun bisa “tidur” pula. Wakakaka….

03) HEH = PERASAAN GAK NYAMAN
Nah, jika bayi ngomong HEH itu artinya dalam saat itu juga bayi merasa gak nyaman [uncomfortable]. Kalo sudah begini perlu dicek dulu tuh. Apakah sedang sakit, sedang bosan, atau bisa juga karena popoknya yang perlu diganti. Bayi aja bisa merasa risih, apalagi yang sudah dewasa. Jika sedang bosan, mungkin bisa dipasangkan dot ke mulutnya. Atau ajak untuk bersenda-gurau. Memang susah untuk membedakan antara kata NEH dan HEH. Tapi jika jeli, sang ibu psti tahu kok dimana perbedaan-nya.

04) EIR = MAU BUANG GAS
Yup, buang gas alias buang angin alias kentut. Yang namanya kentut khan juga bagian dari pencernaan. So wajar aja lah jika bayi juga bisa kentut. Biasanya bayi ngomong kata EIR ini dengan gaya sedikit ngenden.

05) EH = SENDAWA
Nah, EH digunakan bayi ketika hendak ingin bersendawa [mengeluarkan angin lewat mulut]. Biasanya kalo kita habis makan dan minum pasti selalu sendawa. Nah, bayi juga sebelum sendawa pasti rewel sambil ngomong EH. Kalo sudah gini sih, tuh bayi dipangku ke bahu dan buat menghadap belakang. Nah punggung sang bayi kita tepuk pelan-pelan biar bayi bisa bersendawa. Jika sudah bersendawa, nanti bayi akan tenang dengan sendirinya kok. Awas jangan sampai salah tanggap ya antara bunyi NEH, HEH dan EH.

Gimana? Benar-benar sangat membantu khan? Terlebih buat ibu yang umur bayinya baru 2 bulan. Tahu aja khan umur 2 bulan adalah dimana bayi sering rewel, sering menangis gak karu-karuan bahkan sampaio histeris. Mungkin petunjuk di atas bisa membantu.

Hmmm, kebetulan ada keluargaku yang anaknya masih bayi. Bisa aku praktek’in nih. Hohoho…. Asal tuh bayi jangan ngomong PAPA aja pas aku gendong. Bisa berabe entar. Wakakaka….

Leave a comment »

ASI untuk si kembar

Memiliki bayi kembar merupakan anugerah tersendiri dari Tuhan yang patut kita syukuri. Memberi buah hati kita ASI exclusif adalah pilihan terbaik. Namun tentu saja ada kiat tersendiri untuk menyusui dua  bayi sekaligus. Berikut ini beberapa tehnik menyusui bayi kembar secara berbarengan:

1. Persiapan

Sediakan dua buah bantal sebagai alas sekaligus penahan tubuh si kembar. Kemudian, minta bantuan sumi atau baby sitter untuk mendekap salah satu dari si kembar agarlebih aman dan nyaman.

2. Posisi Football Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan sementara tubuh dan kakinya berada di bawah ketiak kanananda. Sedangkan bayi B pada payudar yang satunya dengan tubuh dan kakai mengarah ke bawah ketiak kiri anda. Dekaplah mereka berdua dengan tangan kanan memegang i kepala bayi A dan tangan kiri anda menahan bantal  yang menjadi alas kepala serta tubuh bayi B

3. Posisi Combination Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan dengan posisi kaki dan tubuhnya mengarah ke kanan. Sedangkan bayi B pada payudara kiri dengan tubuh dan kakinya mengarah ke sebelah kanan puloa. Dekaplah bayi A dengan tangan kanan sementara tangan kiri anda menahan kepala bayi B hingga bokongnya dengan bantuan bantal di belakang siku kiri anda.

4. Posisi Cradle Hold

Susui bayi A pada payudara sebelah kanan dengan posisi tubuh dan kakinya mengarah ke kiri . Sedangkan bayi B menyusu pada payudara sebelah kiri dengan tubuh dan kakinya mengarah ke kanan . Biarkan tubuh bayi A diatas bayi B asalkan tidak terlalu ketat.

Berikan payudara secara bergantian setiap kali anda menyusui. Hal ini penting agar tidak terjadi payudara favorit bayi si kembar dan mencegah tidak simetrisnya payudara karena mungkin saja salah satu bayi lebih kuat isapannya.

Leave a comment »

Pertentangan

Pertentangan Zionisme dengan Masyarakat Arab

Para Zionis tidak diragukan lagi telah melakukan kekejaman terburuk kepada orang-orang yang memiliki “sebuah tanah tanpa manusia”: orang-orang Palestina. Semenjak hari ketika Zionisme memasuki Palestina, para pengikutnya telah berusaha untuk menghancurkan orang-orang Palestina. Untuk memberi ruang bagi para imigran Yahudi, baik dipengaruhi oleh gagasan Zionis maupun takut pada anti-Semitisme, orang-orang Palestina terus ditekan, diasingkan, dan diusir dari rumah-rumah dan tanah mereka. Gerakan untuk menduduki dan mengasingkan ini, yang didorong oleh didirikannya Israel pada tahun 1948, menghancurkan kehidupan ratusan ribu orang-orang Palestina. Hingga hari ini, sekitar 3,5 juta orang Palestina masih berjuang untuk kehidupannya sebagai pengungsi dalam keadaan yang paling sulit.

Semenjak 1920an, perpindahan orang Yahudi yang diorganisir oleh Zionis telah dengan mantap mengubah keadaan demografi Palestina dan telah menjadi sebab terpenting berkepanjangannya pertentangan. Statistik yang terkait dengan peningkatan penduduk Yahudi ini secara langsung membuktikan kenyataan ini. Angka-angka ini adalah petunjuk penting tentang bagaimana sebuah kekuatan penjajahan dari luar negeri, kekuatan tanpa hak hukum atas tanah tersebut datang untuk merampok hak-hak penduduk asli.

Menurut catatan-catatan resmi, jumlah imigran Yahudi ke Palestina meningkat dari 100.000 pada tahun 1920an menjadi 232.000 pada tahun 1930an.21 Hingga 1939, penduduk Palestina yang jumlahnya 1,5 juta jiwa telah termasuk 445.000 orang Yahudi. Jumlah mereka, yang hanya 10% saja dari jumlah penduduk 20 tahun sebelumnya, sekarang menjadi 30% dari seluruh penduduk. Pemukiman Yahudi juga berkembang pesat, dan per 1939 orang-orang Yahudi memiliki dua kali dari jumlah tanah yang mereka miliki pada tahun 1920an.

TAHUN
JUMLAH ORANG YAHUDI YANG PINDAH
1920 (September-Oktober)
5.514
1921
9.149
1922
7.844
1923
7.421
1924
12.856
1925
33.801
1926
13.081
1927
2.713
1928
2.178
1929
5.249

Pengumuman resmi Deklarasi Balfour menandai awal perpindahan Yahudi besar-besaran dan cepat ke Palestina. Tabel di kiri memperlihatkan jumlah orang Yahudi yang pindah ke Palestina antara 1920 dan 1929. Selama masa ini, sekitar 100.000 orang Yahudi memasuki Palestina.

British Government, The Political History of Palestine under the British Administration, Palestine Royal Commision Report, Cmd. 5479, 1937, hlm. 279

Per 1947, ada 630.000 orang Yahudi di Palestina dan 1,3 juta orang Palestina. Antara 29 November 1947, ketika Palestina diberi dinding pembatas oleh PBB, dengan 15 Mei 1948, organisasi teroris Zionis mencaplok tiga perempat Palestina. Selama masa itu, jumlah orang-orang Palestina yang tinggal di 500 kota besar, kota kecil, dan desa turun drastis dari 950.000 menjadi 138.000 akibat serangan dan pembantaian. Beberapa di antaranya terbunuh, beberapa terusir.22

Dalam menjelaskan kebijakan pendudukan yang diterapkan Isrel pada tahun 1948, revisionis Israel yang terkenal, Ilan Pappe membuka sebuah rahasia, rencana tak tertulis untuk mengusir orang-orang Arab dari Palestina. Menurut rencana ini, setiap desa atau pemukiman Arab yang tidak menyerah kepada kekuatan Yahudi, yang tidak akan mengibarkan bendera putih, akan dibumihanguskan, dihancurkan, dan orang-orangnya diusir. Setelah keputusan ini dilaksanakan, hanya empat desa yang mengibarkan bendera putih; kota-kota dan desa-desa lainnya pasti akan menjadi sasaran pengusiran.23

Dengan cara ini, 400 desa Palestina terhapus dari peta selama 1949-1949. Hak milik yang ditinggalkan orang-orang Palestina dikuasai oleh orang-orang Yahudi, atas dasar Hukum Hak Milik Tak Ditempati. Hingga tahun 1947, kepemilikan tanah orang-orang Yahudi di Palestina adalah sekitar 6%. Pada saat negara Israel resmi didirikan, kepemilikan itu telah mencapai 90% dari seluruh tanah.24


Leave a comment »

AKTIVITAS BERMAIN & BELAJAR BERSAMA ANAK

Menghubungkan titik – titik Abjad/ Alfabeth

Bahan : Kertas, pena , spidol, atau krayon.

Gambar pola titik demi titik menjadi gambar sederhana.( Cobalah menjiplak beberapa gambar dari buku mewarnai anak anda ) Mulai dengan huruf A , tempat huruf-huruf berikutnya secara berurutan pada titik yang telah dibuaat. Minta anak anda untuk menghubungkan titik demi titik dengan mengenali setiap hurufnya.

img_00011

Pesan Rahasia

Bahan dan alat : krayon putih atau lilin, kertas putih, cat air, kuas cat.

Gunakan krayon putih atau lilin untukmenulis sebuah pesanatau gambar sessuatu di atas sehelai kertas putih. Anak anda kemudian bisa mengecat di atasnya dengan menggunakan cat air untuk membuat gambar atau pesan tersebut terlihat.img_0002

Seni Lukis dengan Noda Tinta

Bahan dan alat : Kertas karton, cat air, air, sendok, gilingan adonan.

Lipat dua kertas karton seperti membuat kartu ucapan , kemudian buka. Gunakan cat air dan sebuah sendok, minta anak anda meneteskan cat air dalam warna diatas salah satu bagian lipatan kertas . Lipat kembali kertas dengan cat di bagian dalamnya, minta anak anda untuk menggiling kertas hingga cat menyebar. Buka kertas dan minta anak anda untuk menggunakan imajinasinya untukmenebak gambar yang terbentuk. Jika cat kering, lipat kertas dengan cat menghadap ke luar. Gunakan sebagai kartu ucapan yang unik.

Kupu – kupu dari Karton Telur

Bahan dan alat : kardus dari karton telur, gunting, cat air, kuas cat, pembersih pipa, kertas karton spidol, stapler.

Gunting kardus karton telur bagi dua memanjang, kemudian gunting salah satu belahan kardus itu menjadi dua memanjang. Balikkan satu dari setengah bagian kardus dan warnai dengan cat air. Tempelkan pembersih pipa di bagian kepala sebagai sungut serangga. Buat sayap dari serangga dari kertas karton dan hias dengan cat atau spidol, stapler pada sisi kardus karton. Gunakan imajinasi anda untuk membuat variasi lain ; sebagai contoh, gunakan satu cup telur pada karton untuk membuat kura – kura atau kepik, gunakan 3 cup telur untuk membuat tawon besar, atau gunakan setengah bagian karton secara menyeluruh untuk membuat ulat.

Rangkaian Orang – orangan Kertas

Bahan dan Alat : Kertas ukuran besar atau koran , gunting, krayon atau spidol.

Gunting kertas ukuran besar seperti cara melipat untuk membuat kipas ( koran, karton kertas besar, atau kertas komputer ). Lipatan kertas kipas haruslah selubar ukuran boneka yang and ainginkan. Gambar bentuk orang – orangan dengan tangan dan kaki membentang melebihi badan, sehingga tangan dan kakinya mencapai lipatan. Gunting bentuk orang – orangan itu, hati – hati untuk tidak menggunting melewati lipatan pada bagian tangan dan kaki, jika tergunting hasilnya akan merupakan orang – orangan sawah yang terpisah dan tidak terangkai. Buka lipatan dan minta anak anda menghiasi setiap orang – orangan dengan krayon atau spidol. Dengan sedikit latihan , anak anda akan mampu membuat rangkaian orang – orangannya sendiri.

img_0005

Leave a comment »

Berlibur ke Ragunan

Pada tanggal 20 September 2004 saya dan teman-teman saya pergi berlibur ke kebun binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan. Saya perg bersama ketiga teman saya yang bernama Yaya, Sri dan Nun. Kami berempat sengaja merencanakan pergi ke Ragunan karena letaknya mudah dijangkau dan kai ingin melihat wahan baru yang dibuka Ragunan yang bernama Musium Schmutzer. Setelah sekian lama bergelut dengan dunia kerja ingin rasanya kami melepaskan penat, membuang sementara rasa lelah yang ada dengan berlibur ke sana. Sebelum berangkat kami menyiapkan perbekalan yang ada dengan membagi tugas dengan ketiga temanku.

img_0001

Pagi hari cuaca cukup mendung tapi itu tidak meluluhkan niat kami untuk kesana, kami tetap melakukan perjalanan walaupun satu temanku yang bernama Khodijah tidak dapat ikut serta karena sakit.

Kami naik mobil arah kampung melayu dilanjutkan dengan patas arah Ragunan. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sesampainya di sana kami berfoto dengan Teletubbies.

Ketika kami memasuki musium Schmutzer kami terperangah karena kami melihat patung kera yang besar sekali, ternyata musium itu berisi tentang hewan primata antara lain kera , monyet, gorila dll. Kami juga sempat memasuki gua yang berisi hewan – hewan primata. Kemudian kami juga menaiki jembatan tali , disana kami juga menguji adrenalin kami karena kami tidak terbiasa melakukan hal – hal yang seperti itu. Walaupun sempat dipenuhi rasa tegang kami sangat menikmati perjalanan kesana. Terasa sangat berkesan dan tidak menjenuhkan karena sepanjang perjalanan kami berkelakar dan berfoto sebagai kenang – kenangan untuk diabadikan. Sore harinya kami pulang dengan membawa oleh – oleh boneka “monyet” kecil. Perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan.

Leave a comment »